Rabu, 03 Februari 2010

Buah dan Sayur, wajib tiap hari !!

 
Ada banyak alasan kenapa saya selalu mengusahakan menu harian yang banyak sayur dan beragam buah. Buah dan sayuran menyumbangkan banyak sekali gizi untuk otak, khususnya antioksidan dan zat fitochemical yaitu sekelompok bahan alami yang menyembuhkan. Buah dan sayuran juga mengandung beraneka vitamin dan mineral. Meningkatnya asupan vitamin dan mineral berguna untuk meningkatkan IQ,khususnya pada anak. Oleh sebab itu, penting banget lho untuk mendorong agar anak kita mau mengonsumsi cukup buah dan sayuran. Anjurannya adalah tiga porsi buah dan dua porsi sayuran per hari. 

Buah merupakan sumber vitamin C, boron, selenium, dan karotenoid. sedangkan sayur2an menyumbangkan zat besi, vitamin C, kalsium, selenium, vit B kompleks, magnesium, boron dan seng. wah komplit sekali kan??
Btw, kenapa Vitamin C penting? Vit C membantu penyerapan zat besi, yang mampu meningkatkan IQ dan membantu "menghidupkan" pikiran..maksudnya bkin gak telmi, otak kita bisa memunculkan banyak ide dan kreatifitas gitu..=)

Oya pernah denger boron tidak??let me explain to you ..boron bertanggung jawab atas produksi gelombang positif otak, meningkatkan kewaspadaan, memori dan konsentrasi.Nah kan penting banget buat tubuh kita kan...

Oleh karena itu, sebaiknya tiap hari kita banyak mengonsumsi buah dan sayur dalam porsi yang dianjurkan...agar tubuh kita mendapat vitamin dan mineral yang cukup, yang akan menjadikan stamina tubuh kita full untuk beraktivitas setiap hari....jangan sampai nunggu sakit baru kita menerapkan pola hidup sehat ya....ingatlah bahwa "Kesehatan adalah investasi sepanjang masa.."..=)

Tidak ada komentar: